Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Menggunakan Microsoft Acces 2007

Membuat aplikasi database mneggunakan microsoft acces 2007 memang agak beda dengan menggunakan microsoft acces 2003 , 2000 , or sejenisnya .

Bagi pemula memang terlihat sangat sulit, tapi coba di pelajari dan dipahami bahwa sebenarnya lebih mudah menggunakan acces 2007 dari pada yang lainnya .

Saya harap ini akan bermanfaat bagi yang membacanya.


Langkah - langkahnya yaitu sebagai berikut :


Langkah Pertama Membuat Tabel

1. Pilih start dan pilih pgrogram "microsoft acces 2007"
2. Maka akan tampil , tampilan yang sangat jauh beda dengan acces 2003 , kemudian pilih "Blank Database" yang berada di form tengah atas .
3. Setelah itu ketikan nama file yang akan dibuat ( nama file ini sangat penting , karena nama file ini yang akan menjadi nama file utama anda)
4. Setelah muncul tampilan tabelnya , klik "Design view" pada icon toolbar yang berada sisi atas pojok kiri .
5. Kemudian ketikan nama field-field yang akan dibuat di database ini , tentunya pilh pula "data type"nya .
6. Setelah selesai mengetikan field-fieldnya pilih "pivotTable View" dan drags item yang ada di box untuk di pindahkan ke Pivot Table List .
7. Pembuatan table selesai .

Langkah Kedua Membuat Form

1. Klik menu "create" yang ada di toolbar
2. Pilih "Form / Split Form / Multiple Item".
3. Misalnya sebagai contoh saya pilih "Form" , kemudian untuk mempercantiknya tinggal klik "view design". Dan di sana anda bebas mempercantik form anda sesuka hati anda .

Untuk Menambahkan Tombol button di Form

1. Klik menu "Design"
2. Di sana ada tool yang namanya "use control wizards"(klik itu) terus klik tool "button"
3. Lalu pindhakan kursor anda ke area form tersebut dan klikkan di sana, terus muncul table "command button wizard" (mempunyai beberapa fungsi,diantaranya : 1.Record Navigation==> untuk aplikadi pencarian, di sini anda bisa membuat commad "search" dengan mengguankan "find record" , pencarian selanjutnya dengan mengguankan " find next", untuk langsung melihat form yang pertama diisikan anda dapat memilih "Go to first record", dan lainnya .
2.Record Operations ==>untuk membuat command aplikasi "membuat baru dengan menggunakan Add new record, untuk menghapus file dapat memilih Delete Record, untuk membuat duplicate file anda dapat memilih Duplicate Record, untuk membuat tombol print agar form tersebut langsung di print anda dapat memuat command print dengan memilih Print Record, Untuk membuat comand buat menyimpan form yang di isikan anda dapat memilih Save Record, dan untuk mengembalikan ke jejak awal anda dapat memilih Undo Record.
3.Form Operations ==> aplikasi ini untuk mengatur yang ada di form ( untuk penjelasan commandnya bisa di lihat di oom google (hheee) )
4.Report Operations ==> aplikasi ini untuk mengatur yang ada di bagian Report .
Kenudian selanjutnya anda mungkindapat memahami deangan sendirinya apa yang di maksud dengan "Aplication & Miscellaneous"
4. Setelah anda memilih aplikasi untuk commnadnya kilk "Next"
5. Kemudian untuk memberi anma command aolikasi yang anda pilih , anda pilih "text" kemudia ketikan nama commandnya .
6. Setelah itu klik "next dan klik finish".
7. Pembuatan command button selesai, setekah itu terserah anda mau di tempatin di mana juga .

Membuat Table Report

1. Pilih menu "Create" kemudian pilih icon"Report ( yang berbentuk seperti buku catatan)
2. Untuk mempercantiknya tinggal pilih menu "Design"
3. Proses pembuatan report selesai .

Pembuatan aplikasi sederhana dengan menggunakna acces selesai , sekarang anda tinggal menggunakannya atau tinggal memasuk-masukan datamya di tabel "form" .

SELAMAT MENCOBA